Airlangga Hartarto Sebut Program Kartu Prakerja Mendukung Visi Indonesia Emas 2045

Airlangga Hartarto Sebut Program Kartu Prakerja Mendukung Visi Indonesia Emas 2045
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan program Kartu Prakerja menjadi salah satu program andalan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat memasuki dunia kerja dan usaha.

Ketua Umum Partai Golkar itu juga mengaku bangga dengan pencapaian positif dari program Kartu Prakerja.

Dia menyebut peserta yang diterima dalam Program Kartu Prakerja sebanyak 11,4 juta orang pada 2020 dan 2021.

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari, 84,18 persen peserta mengaku Kartu Prakerja dapat meningkatkan ketrampilan kerja.

Dia juga mengharap masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut untuk menambah kemampuan, wawasan serta jejaring dalam berusaha.

“Ini merupakan capaian positif dan pemerintah berkomitmen untuk terus menyediakan program peningkatan keterampilan seperti ini untuk mengakselerasi kemampuan SDM nasional. Ini sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045,” tegas Airlangga Hartarto, Kamis (21/7/2022).

Kepala Pusat Penelitian Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nawawi mengungkapkan Kartu Prakerja menjadi salah satu pendukung untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Menurut Nawawi, Kartu Prakerja bertujuan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja Indonesia untuk bisa bersaing dalam pasar tenaga kerja.

Pemerintah berkomitmen terus menyediakan program peningkatan keterampilan melalui program kartu prakerja sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News