Ajukan 924 Formasi CPNS tapi Belum Direspons Pusat

Ajukan 924 Formasi CPNS tapi Belum Direspons Pusat
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pemkot Balikpapan, Kaltim, sudah mengajukan formasi CPNS sebanyak 924 yang akan direkrut.

Usulan formasi CPNS sudah diajukan pada awal semester dua 2017. Banyak di antaranya adalah tenaga guru dan tenaga kesehatan.

“Total formasi 924. Didominasi guru dan tenaga kesehatan. Sisanya fungsional. Namun saya tidak hafal berapa-berapa. Yang pasti guru dan tenaga kesehatan masih diperlukan. Makanya kami harap bisa disetujui. Namun hingga kini belum ada kabar,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (DBKD) Roby Ruswanto, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Pemkot memang berharap usulan disetujui pemerintah pusat. Dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Namun, Roby tampak pesimistis. Karena tampaknya pemerintah pusat memprioritaskan daerah baru hasil pemekaran.

“Seperti di Kaltara (Kalimantan Utara) itu. Tetapi kami tetap berharap. Karena memang masih kekurangan. Tunggu saja sampai akhir tahun. Karena pengalaman sebelumnya, sebelum diberlakukannya moratorium, bakal ada pemberitahuan mendadak sebelum akhir tahun. Jadi tunggu saja,” ucapnya.

Dia menjelaskan, data sebelumnya, kebutuhan PNS sebanyak 9.034 formasi. Namun, sekarang baru ada berkisar 5 ribu PNS lebih.

Riil kondisi di lapangan ada 10 ribu lebih pekerja baik PNS maupun tenaga bantu (naban). "Jadi berbanding lurus saja jumlah PNS dan naban. Kebutuhan kita 9 ribu, posisi pegawai kita hanya ada 5 ribu. Berarti kira-kira kurangnya 4 ribu lebih pegawai," jelasnya. (*/rdh/rsh/k18)


Usulan formasi CPNS sudah diajukan pada awal semester dua 2017. Banyak di antaranya adalah tenaga guru dan tenaga kesehatan.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News