Ajukan Mega atau Puan

Ajukan Mega atau Puan
Puan Maharani. Foto: Rachman/RB
JAKARTA - Calon presiden (capres) dari PDIP hampir pasti mengerucut pada dua nama, Megawati Soekarnoputri atau putrinya sendiri, Puan Maharani. Puan menjadi calon alternatif bila Megawati yang menjabat ketua umum PDIP tersebut memutuskan untuk tidak maju lagi.

"Pokoknya, capresnya di antara dua figur itu," kata Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo di Jakarta kemarin (23/4). Di partai, selain menjadi ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga, Puan menjabat ketua fraksi PDIP di DPR.

Menurut Tjahjo, kewenangan pengambilan keputusan capres PDIP diserahkan sepenuhnya kepada Megawati selaku ketua umum. Otoritas tersebut diberikan berdasar keputusan kongres PDIP di Bali pada April 2010, yang kemudian ditegaskan kembali melalui rakernas PDIP di Bandung pada Desember 2011.

"Adapun momentumnya melihat dinamika politik nasional yang paling tepat. Bisa sebelum atau sesudah pemilu. Bisa koalisi atau mandiri," ujarnya. "Apakah Megawati akan maju lagi atau tidak, ya kita tunggu saja momentumnya," imbuh dia.

JAKARTA - Calon presiden (capres) dari PDIP hampir pasti mengerucut pada dua nama, Megawati Soekarnoputri atau putrinya sendiri, Puan Maharani. Puan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News