Akademisi Dorong PSSI Buat Roadmap Pembinaan Talenta Sepak Bola Indonesia

Akademisi Dorong PSSI Buat Roadmap Pembinaan Talenta Sepak Bola Indonesia
Dosen Olahraga Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Taufik Yudi Mulyanto dalam Seminar Nasional Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) di Hotel Grand Mercure, Surabaya. Foto: Dok. FAPSI

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Olahraga Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Taufik Yudi Mulyanto mengatakan dalam upaya memajukan sepak bola nasional, PSSI ke depan perlu membuat roadmap pembinaan talenta sepak bola Indonesia.

Salah satunya dengan memperkuat Sekolah Sepak Bola (SSB) menjadi 'talent pool' squad tim nasional ke depan.

Hal itu dikatakan Taufik dalam Seminar Nasional Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) di Hotel Grand Mercure, Surabaya.

Menurut Taufik, perlu dilakukan pembinaan di berbagai level usia baik dari tingkat bawah hingga level senior.

Bahkan, tidak lagi berstandar nasional melainkan harus sudah bertaraf internasional untuk mengejar ketertinggalan.

“Dalam pembinaannya harus dalam kualifikasi yang standar, tetapi standarnya bukan standar lokal lagi bukan standar nasional tetapi harus kita masuk pada standar yang lebih tinggi, di regional di Asia tenggara, di Asia atau bahkan di tingkat dunia," ujar Taufik, Selasa (24/1).

Taufik menambahkan Indonesia perlu melakukan terobosan besar yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan agar para pemain sepak bola dari level bawah sampai atas yang memiliki kemampuan tingkat dunia.

Dengan kondisi itu, kata dia, maka akan didapat nanti secara berkesinambungan.

Akademisi UMJ Taufik Yudi Mulyanto mengatakan dalam upaya memajukan sepak bola nasional, PSSI perlu membuat roadmap pembinaan talenta sepak bola Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News