Akademisi UGM: Program UMKM Ganjar di Jateng Inovatif dan Bisa Diaplikasikan secara Nasional

Akademisi UGM: Program UMKM Ganjar di Jateng Inovatif dan Bisa Diaplikasikan secara Nasional
Ganjar Pranowo. Foto: IG@ganjar_pranowo

jpnn.com - SLEMAN - Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Hempri Suyatna menyatakan Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo selama memimpin Jawa Tengah banyak melakukan inovasi dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.

"Saya lihat dari pengembangan UMKM ada inovasi-inovasi yang dilakukan Pak Ganjar. Inovasi-inovasi e-commerce, misal Lapak Ganjar itu, kan, menyentuh pada pemasaran," kata Hempri saat dihubungi, Selasa (26/9).

Selain Lapak Ganjar, Hempri menilai inovasi lain, seperti pelatihan UMKM secara berjenjang, kredit lapak, merupakan contoh menarik yang sudah dilakukan gubernur Jawa Tengah yang menjabat dua periode tersebut.

Pengamat sosial dari UGM itu bahkan menyebut apa yang sudah dilakukan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, ini bisa diaplikasi secara nasional.

"Program-program tersebut memungkinkan diaplikasikan secara nasional.  Kendala UMKM di Indonesia masih berkutat di seputar modal dan pasar, termasuk di kualitas produk," lanjut Hempri.

Dia juga menyebut inovasi yang dilakukan Ganjar tersebut adalah bagian integral dari program pengentasan kemiskinan.

Dia berharap adanya  keberlajutan dari program-program tersebut agar UMKM yang ada bisa naik kelas. "Itu program bagus yang bisa digunakan dalam pengentasan kemiskinan di negeri ini," tambahnya.

Menurut Kepala Pusat Kajian Pembangunan Sosial (SODEC), Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Sosial FISIPOl UGM itu, saat ini platform e-commerce yang ada di Indonesia hampir seluruhnya dimiliki swasta. Dia berharap ke depan pemerintah bisa membuat platform e-commerce sendiri untuk mewadahi UMKM.

Akademisi UGM menyebut program UMKM Ganjar Pranowo di Jawa Tengah sangat inovatif, dan bisa diaplikasi secara nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News