Akademisi UIN Alauddin Apresiasi Kinerja Kapolrestabes Makassar

Akademisi UIN Alauddin Apresiasi Kinerja Kapolrestabes Makassar
Akademisi UIN Alauddin Makassar Ibnu Hadjar Yusuf. Foto: Dok Ibnu Hadjar Yusuf

jpnn.com, MAKASSAR - Akademisi UIN Alauddin Makassar Ibnu Hadjar Yusuf memuji kinerja Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat umum di Kota Makassar.

Menurutnya, profesionalisme, komitmen, dan ketegasan sang Kapolrestabes Makassar selama ini telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

Kemampuan Kombes Budi dalam mempolakan lokasi rawan kriminal merupakan solusi dalam memimanilisir tingkat kriminalitas di Kota Makassar.

"Salah satu yang dilakukan adalah bentuk perekrutan para eks preman atau pelaku kriminal dalam organisasi Batalyon 120," kata Ibnu Hadjar Yusuf, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Ibnu Hadjar menceritakan sejak awal menjabat Kapolrestabes Makassar, tingkat kriminalitas dan kejahatan pada beberapa titik di Kota Makassar terbilang sangat tinggi, seperti pemanahan, begal, perang antar kelompok serta berbagai tindak kriminal lainnya.

Langkah strategis yang ditempuh Kombes Budi Haryanto, kata Ibnu Hadjar, adalah melakukan pendeteksian sejak dini terhadap para pelaku kriminal, menelusuri sumber pemicu terjadinya tindak kriminal, serta memetakan titik rawan yang menjadi sumber terjadinya kriminalitas.

Organisasi ini merupakan wadah kemitraan FORKOPINDA dalam kiprahnya menampung dan merekrut sejumlah mantan preman dan pelaku kejahatan di Kota Makassar yang selanjutnya dilakukan pembinaan agar menjadi manusia yang jauh lebih baik.

Ibnu menjelaskan bentuk pembinaan tersebut dilakukan dengan memberikan ruang edukasi, pembinaan, serta membuka lapangan pekerjaan. Apa yang telah dilakukan Budi, kata Ibnu, membuahkan hasil dengan menurunnya tingkat kriminalitas di Kota Makassar.

Akademisi UIN Alauddin Makassar Ibnu Hadjar Yusuf memuji kinerja Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto dalam menciptakan keamanan masyarakat di Makassar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News