AKBP Budi Setiono Ikut Padamkan Karhutla di Lahan Gambut Seluas 20 Hektare Ini

AKBP Budi Setiono Ikut Padamkan Karhutla di Lahan Gambut Seluas 20 Hektare Ini
Kapolrea Rohul AKBP Budi Setiyono saat memadamkan api bersama anak buahnya. Foto:Humas Polres Rohul.

jpnn.com, ROHUL - Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi Setiono turun langsung bersama anak buahnya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  di areal seluas 20 hektare, di Desa Puah Kecamatan Bonai Darussalam.

Petugas membutuhkan waktu empat hari memadamkan Karhutla itu, karena lokasinya adalah lahan gambut dengan kedalaman 10 meter.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono mengatakan dirinya dan puluhan anak buahnya bersama TNI dan BPBD masih di lokasi melakukan pendinginan.

"Sudah padam Rabu 21 Juni 2023 kemarin. Tetapi kami masih di lokasi untuk melakukan pendinginan. Kami akan tetap di lokasi sampai benar-benar asap hilang. Luas lahan yang terbakar sekitar 20 hektare,” ujar Budi kepada JPNN.com Kamis (22/6).

Budi menjelaskan kebakaran di Pauh terjadi sejak Minggu (18/6) sekitar pukul 14.00 WIB.

Saat itu titik api pertama berasal dari Desa Pangkalan Ribut Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis dan Desa Buluh Apuh Kecamatan Pinggir.

"Kemudian api tersebut menjalar atau merambat ke lahan milik Holit Sihombing di Desa Pauh Kecamatan Bonai Darussalam, Rohul. Setelah mendapat info kebakaran lahan, saya dan Kapolsek Bonai langsung ke lokasi bersama anggota," kata Budi.

Selama 4 hari, Budi mengaku tidak pulang untuk melakukan pemadaman api. Dia tak ingin api berlarut-larut dan menimbulkan kabut asap serta mencegah penjalaran.

Kapolres Rohul AKBP Budi Setiono turun langsung padamkan Karhutla di lahan gambut seluas 20 hektare di Desa Puah Bonai Darussalam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News