Akhir Januari Dana Desa Cair 20 Persen

Akhir Januari Dana Desa Cair 20 Persen
Warga saat meninjau lokasi proyek pembersihan parit dari dana desa di Desa Sigodung, Selasa (31/10). Foto: newtapanuli/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Anwar Sanusi memperkirakan penyaluran dana desa tahap pertama tahun ini sebesar 20 persen akhir Januari.

"Besaran dana desa tahun ini masih sama dengan tahun 2017 lalu, yakni Rp60 triliun," ujar Anwar Sanusi ketika dihubungi INDOPOS (Jawa Pos Group).

Menurut Anwar, tahun 2018 pemanfaatan dana desa diprioritaskan pada pekerjaan yang sifatnya padat karya. Selain itu juga peningkatan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemberdayaan ekonomi.

"Kami tetap utamakan 4 program prioritas, seperti embung desa, olahraga desa, sarana pascapanen dan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades)," beber Anwar.

Anwar menyebutkan, penyaluran dana desa tahun 2018 menggunakan formula 80:20. Artinya 80 persen disalurkan merata ke seluruh desa dan 20 persen untuk desa dengan status tertinggal.

"Laporan penggunaan dana desa tahun 2017, 98 persen desa sudah rampung," ucapnya. (nas)

 


Penyaluran dana desa tahap pertama tahun ini sebesar 20 persen diperkirakan akhir Januari.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News