Taufik Kurniawan Ajak Publik Aktif Mengawasi Dana Desa

Taufik Kurniawan Ajak Publik Aktif Mengawasi Dana Desa
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan mengajak seluruh elemen bangsa untuk aktif berperan mengawasi dana desa sebesar Rp 60 triliun pada tahun 2017. Menurutnya, program dana desa ini bertujuan mulia untuk menghilangkan kesenjangan sosial menuju kesejahteraan masyarakat. Namun jangan sampai dana Rp 1 miliar per desa ini malah disalahgunakan dan tidak tepat sasaran.

“Makanya saya selalu mengajak kepada semua pihak untuk sama-sama mengawasinya. Terlebih lagi pada RAPBN 2018 dinaikan menjadi Rp 76,1 triliun," ujar Taufik Kurniawan di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Ajakan untuk mengawasi dana desa sebenarnya selalu disampaikan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini dalam berbagai kesempatan.

Sejauh ini, kata TK sapaan Taufik Kurniawan, telah terjadi sejumlah penyimpangan dari peruntukan dana desa tersebut.

“Seperti saat reses kemarin saya temukan ada RT yang terima Rp 300 ribu per tahun. Artinya cuma Rp 25 ribu sebulan. Itupun sudah dikenakan pajak. Makanya saya meminta menteri keuangan meninjau soal ini,” katanya.

“Para ketua RT ini sangat besar perannya dalam keberlangsungan pemerintahan, karena mereka yang langsung bersentuhan dengan rakyat seperti pembuatan KTP, KK dan lainnya. Kita dorong revisi UU Desa memperhatikan persoalan ini,” ujar TK lagi.

Penyimpang lainnya, menurut TK, adanya informasi alokasi dana desa ini diselewengkan untuk kepentingan politik.

“Ada desa yang tidak mendukung partai politik tertentu tidak dapat dana ini, hanya desa yang mendukung saja yang dapat.Ini bahaya,” terangnya.

Yang memperjuangkan program dana desa ini awalnya banyak sekali, bahkan saling klaim sebagai pengusul. Namun yang konsen mengawasi program ini sangat minim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News