Kamis, 16 Agustus 2018 – 13:30 WIB

Penyaluran Dana Desa Tahun Ini Tiga Tahap

Minggu, 21 Januari 2018 – 00:15 WIB
Penyaluran Dana Desa Tahun Ini Tiga Tahap - JPNN.COM

jpnn.com, TANJUNG SELOR - Penyaluran penyaluran Dana Desa (DD) tahun ini akan dilakukan dalam tiga tahap. Ini berbeda dengan tahun lalu yang dilakukan dua tahapn.

Tahun lalu dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini disalurkan dua tahap, dengan porsi 40 persen dan 60 persen.

Namun tahun ini dibagi menjadi tiga tahap, di mana untuk tahap pertama sebesar 20 persen, tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen. Hal ini bukan untuk mempersulit melainkan untuk mempermudah pihak desa.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bulungan, Kaltara, Nurdin Lubis membenarkan hal itu.

Dikatakannya dengan penyaluran tiga tahap ini malah mempermudah dalam penyaluran karena untuk tahap pertama 20 persen pihak desa cukup melampirkan APBDes.

“Kalau APBDes sudah selesai tinggal buat surat permohonan terkait pencairan,” ujarnya kepada Radar Kaltara (Jawa Pos Group).

Untuk tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen. Itu sesuai instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta agar DD dapat cair lebih awal agar penggunaan DD ini mampu mendongkrak tingkat ekonomi di desa itu. “Untuk tahun ini molor satu bulan,” sebutnya.

Dijelaskannya, untuk proses transfer dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) mulai Januari hingga minggu ketiga Juni untuk tahap pertama.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar