Akhirnya, Bantuan Kuota dari Kemendikbud Bisa Dipakai Mengakses YouTube

Kamis, 04 Maret 2021 – 21:21 WIB
Akhirnya, Bantuan Kuota dari Kemendikbud Bisa Dipakai Mengakses YouTube - JPNN.com
Ilustrasi logo Youtube. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen untuk memanfaatkan bantuan kuota data internet sebjjak mungkin. Pasalnya, kuota yang diberikan tahun ini tidak dibatasi lagi dengan kuota belajar.

Kemendikbud memberikan kuota umum sehingga peserta didik dan pendidik bisa bebas menggunakannya untuk YouTube.

“Kami ingin memastikan bahwa warga pendidikan tetap selalu bisa menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan. Inilah perjuangan kami di Kemendikbud yang alhamdulillah didukung Bapak Presiden dan Ibu Menteri Keuangan,” jelas Menteri Nadiem, Kamis (4/3). 

Bantuan kuota internet untuk tahun 2021 bernilai Rp 2,6 triliun untuk tiga bulan ke depan. Anggarannya kata Nadiem, siginifikan sehingga dia minta digunakan sebaik-baiknya.

Mengacu hasil survei pihak-pihak independen, Mendikbud menjelaskan, sekitar  85% responden menilai bantuan kuota ini amat tepat menjawab krisis. Sementara sekitat 86% menilai bantuan ini meringankan beban ekonomi orang tua dalam masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Inilah yang memotivasi kami untuk memperjuangkan kelanjutan kebijakan bantuan kuota data internet,” ujarnya.

Selain hasil survei tersebut Nadiem mengakui, pihaknya banyak menerima masukan masyarakat, terutama soal fleksibilitas penggunaan bantuan kuota tahun lalu. Misalnya, banyak laman situs yang tidak termasuk kuota belajar. 

“Murid ada yang mengadu, ‘Mas Menteri, googling menghabiskan pulsa pribadi karena tidak masuk dalam kuota belajar. Mas Menteri, saya ingin membuka laman-laman riset universitas lain, tapi tidak bisa." 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...