Akhirnya Kwanki Lama Berdamai

Akhirnya Kwanki Lama Berdamai
Akhirnya Kwanki Lama Berdamai
TIMIKA- Setelah enam bulan lebih terlibat perang saudara hingga menjatuhkan korban jiwa, akhirnya, sekitar pukul 12.00 WIT, Jumat (18/6) kemarin, kedua kelompok sepakat berdamai. Prosesi perdamaian yang dirangkai dengan acara adat itu, disaksikan langsung Bupati Mimika, Klemen Tinal, Kapolres Mimika AKBP Moch. Sagi,  Dandim Mimika, Letkol Inf. Refrizal.

Acara yang digelar di lapangan depan kios panjang, Kwamki Lama, selain dihadiri kepala perang,tokoh masyarakat, juga hadir ratusan warga dari kedua kelompok.Perdamaian untuk kesekian kalinya itu ditandai dengan prosesi adat panah babi.

Setelah babi dipastikan mati, kemudian digantung pada seutas tali yang diikat pada dua tiang setinggi empat meter.10 warga dari masing-masin kedua kelompok, selanjutnya berlari kecil mengitari tiang tempat babi digantung.

Hujan deras yang mengguyur Kwamki Lama dan seluruh Kota Timika tidak menyurutkan semangat warga untuk tetap melanjutkan satu demi satu prosesi perdamaian.Sekitar pukul 12.12 WIT, acara kemudian dilanjutkan dengan patah panah yang diwakili waimum (kepala perang) dari kelompok atas, Stev Kulla.

TIMIKA- Setelah enam bulan lebih terlibat perang saudara hingga menjatuhkan korban jiwa, akhirnya, sekitar pukul 12.00 WIT, Jumat (18/6) kemarin,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News