Akil Ingin Buka-Bukaan di Depan Majelis Kehormatan

Akil Ingin Buka-Bukaan di Depan Majelis Kehormatan
Akil Ingin Buka-Bukaan di Depan Majelis Kehormatan

jpnn.com - JAKARTA - Majelis Kehormatan Hakim Mahkamah Konstitusi  sudah mengajukan permintaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bisa memeriksa Akil Mochtar. Majelis Kehormatan MK berencana memeriksa Ketua MK nonaktif  terkait dugaan pelanggaran kode etik.

Namun, KPK belum mau meloloskan permintaan itu. Padahal, Akil sangat ingin diperiksa secara terbuka dan siap hadir di MKH MK. "Pak Akil mau diperiksa terbuka," kata Tamsil Sjoekoer selaku kuasa hukum Akil, kepada JPNN, Kamis (10/10) malam.

Tamsil pada Kamis (10/10) bersama advokat kondang Otto Hasibuan sudah bertemu dengan Akil membahas permasalahan ini. Hasilnya, Akil meminta agar ketika MKH memeriksa terkait dugaan pelanggaran etik itu secara terbuka. "Sehingga masyarakat bisa mendengar keterangan Akil," tegasnya.

Dia menambahkan, Akil sangat mengharapkan bisa menghadiri panggilan MKH. "Pak Akil juga berharap KPK mengizinkan," ujar pengacara senior Kalbar ini.

Tamsil mengatakan jika KPK menolak itu adalah urusan teknis. "Yang jelas Pak Akil maunya itu diperiksa secara terbuka," ungkap Tamsil.

Terpisah, Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo mengatakan bahwa Majelis Kehormatan MK memang  sudah berkoordinasi dengan pimpinan KPK untuk memeriksa Akil terkait kasus dugaan pelanggaran kode etik. "Tentu pemeriksaan dilakukan di KPK, nanti akan dilakukan beberapa syarat," kata Johan di Kantor KPK, Kamis (10/10) kepada pers.

Dijelaskan Johan, sejauh ini memang sudah ada sinyal bahwa pimpinan KPK akan mengizinkan Majelis Kehormatan memeriksa Akil.  "Bagaimana teknisnya itu saya belum dapat  informasi," tegasnya. (boy/jpnn)


JAKARTA - Majelis Kehormatan Hakim Mahkamah Konstitusi  sudah mengajukan permintaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bisa memeriksa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News