Aksi Anarkistis Demo 4/11 Harus Dipertanggujawabkan Secara Hukum

Aksi Anarkistis Demo 4/11 Harus Dipertanggujawabkan Secara Hukum
Ketua Setara Institute Hendardi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Setara Institute meminta Polri serius mengusut tuntas aksi anarkistis di penghujung demonstrasi besar-besaran kemarin, Jumat (4/11). 

Menurutnya, baik para pelaku di lapangan maupun aktor intelektual di balik layar harus segera ditangkap.

"Polri harus menyelidiki dan menyidik termasuk melakukan penangkapan para aktor-aktor tersebut," kata Hendardi melalui keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (5/11).

Ia menjelaskan demokrasi memang memberikan tempat mewah kepada setiap warga untuk menyampaikan aspirasinya. 

Tapi demokrasi juga punya rule yang jelas untuk menindak tiap orang yang melakukan aksi kekerasan, provokasi, penghasutan dan penyebar kebencian (hate speech).

"Amat terang benderang bagaimana aktor-aktor kunci memprovokasi, menghasut, dan menebar kebencian sehingga massa melakukan sejumlah tindak kekerasan. Sebagai negara hukum, aktor lapangan dan aktor dibalik layar mutlak diproses secara hukum," ujarnya.

Menurut dia, sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak cukup hanya dengan menyesalkan anarkisme massa dan menunjuk adanya aktor politik yang bekerja. 

"Jokowi melalui jajaran penegak hukum harus meminta pertanggungjawaban hukum atas kerusuhan dan pengrusakan yang terjadi di Jakarta," tandasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Ketua Setara Institute meminta Polri serius mengusut tuntas aksi anarkistis di penghujung demonstrasi besar-besaran kemarin, Jumat (4/11). 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News