Aksi Militer Filipina Ikut Renggut Anak-Anak Moro

Aksi Militer Filipina Ikut Renggut Anak-Anak Moro
Aksi Militer Filipina Ikut Renggut Anak-Anak Moro

jpnn.com - MANILA - Militer Filipina mengadakan operasi antimilitan di wilayah selatan selama sekitar sepekan terakhir. Jumat lalu (31/1) pemerintah setempat melaporkan bahwa aksi militer itu merenggut sedikitnya 53 nyawa, termasuk tiga anak yang menjadi serdadu junior.

Kolonel Dickson Hermoso, juru bicara  militer regional  menjelaskan bahwa 52 korban dalam operasi antimilitan tersebut adalah para pejuang Bangsamoro Islamic Freedom Fighters (BIFF). ''Tiga di antaranya adalah anak-anak. Mereka memang merekrut anak-anak untuk dijadikan tentara. Seperti serdadu dewasa, anak-anak itu juga memakai seragam loreng dan menyandang senjata,'' paparnya.

Selain 52 militan, termasuk 3 tentara anak, seorang serdadu tewas dalam operasi militer tersebut. Menurut Hermoso, BIFF merupakan bagian dari sekelumit militan yang berseberangan pendapat dengan Moro Islamic Liberation Front (MILF).  Karena itu, saat MILF bersepakat dengan pemerintah soal perdamaian pada pekan lalu, militer memutuskan untuk menggempur sarang BIFF di Pulau Mindanao.

Penemuan tiga serdadu anak yang menjadi korban tewas dalam aksi tersebut membuat pemerintahan Presiden Benigno Aquino III alias Noynoy prihatin. Sebab, kelompok militan radikal telah sukses merekrut anak-anak di bawah umur untuk bergabung. (AFP/hep/c14/tia)

Berita Selanjutnya:
WNI Dilarang Dekati TPS

MANILA - Militer Filipina mengadakan operasi antimilitan di wilayah selatan selama sekitar sepekan terakhir. Jumat lalu (31/1) pemerintah setempat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News