Aksi TNI Polri Evakuasi Warga dari Serangan KST Diapresiasi Rakyat Papua

Aksi TNI Polri Evakuasi Warga dari Serangan KST Diapresiasi Rakyat Papua
Aksi TNI Polri Evakuasi Warga dari Serangan KST Diapresiasi Rakyat Papua. Foto: dok. TNI

jpnn.com, JAKARTA - Tim Gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengevakuasi sejumlah warga Papua, dari serangan Kelompok Separatis Teroris (KST) yang kembali berulah di Kali Ei Kabupaten Yahukimo.

Berbagai elemen masyarakat Papua, mengapresiasi upaya heroik Tim Gabungan di bawah pimpinan Mayor HR dari Satgas Yonif 7 Marinir dan Kodim 1715/YHK di bawah kendali Dansatgas Yonmar 7 .

"Saat ini kebrutalan Kelompok Separatis Teroris Papua, kembali terjadi. Membuat tujuh orang meninggal dunia dan 11 korban lainnya luka-luka," ujar Alvaro Hukubun, pengamat Wilayah Papua, dalam keterangannya, Selasa (24/10).

Alvaro mengatakan bahwa Satgas Gabungan TNI-Polri telah menunjukkan dedikasi dan keberanian yang luar biasa.

"Dukungan moral, kepatuhan terhadap hukum, dan kerja sama dalam memberikan informasi penting adalah kontribusi positif yang bisa kita berikan," tuturnya.

Dia menilai bahwa kolaborasi antar-aparat keamanan bisa memicu keamanan dan masyarakat. Kondisi ini, dalam pandangan Alvaro, dapat membangun lingkungan yang aman, damai, dan sejahtera.

Alvaro menengarai bahwa penyerangan KST terhadap warga sipil membuat pemuka adat geram. Ketua Wilayah Adat La Pago Yuranus Jikwa misalnya, mengutuk keras semua aksi keji yang dilakukan oleh KST.

"Perjuangan KST pun makin tidak jelas dan hanya untuk kepentingan kelompoknya sendiri," terang Alvaro.

Aksi TNI Polri mengevakuasi warga dari serangan KST diapresiasi rakyat Papua. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News