Aktivis Dorong Penguatan Sistem Perwakilan DPD

Aktivis Dorong Penguatan Sistem Perwakilan DPD
Aktivis Dorong Penguatan Sistem Perwakilan DPD
JAKARTA - Ketua Umum Persaudaraan Alumni HMI, Bursah Zarnubi mendorong agar sistem perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagai lembaga tinggi negara diperkuat agar sistem perwakilan tidak bertumpu kepada DPR saja. Menurutnya, DPD harus menjadi kekuatan baru sebagai lembaga yang mewakili daerah.

"Harus ada penguatan DPD agar bisa merata ke daerah," kata Bursah dalam diskusi yang digelar Persaudaraan Alumni HMI bertajuk "Memperkuat Sistem Perwakilan: Peran & Posisi DPD RI dalam Sistem Politik & Tata Negara di Indonesia" di Komplek Liga Mas Perdatam, Blok H1/8, Pancoran, Jakarta Selatan.

Menurut Bursah, penguatan sistem perwakilan DPD sangat mendesak karena tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPR kian buruk. "Saat ini DPR sudah kehilangan muka atau tidak ada lagi legitimasi di depan rakyat," ujarnya.

Penguatan perwakilan DPD yang dimaksud Ketua Umum Partai Bintang Reformasi (PBR) ini adalah persamaan kewenangan yang dimiliki oleh DPR. Diantaranya kata dia, hak anggaran dan pengambilan keputusan yang sifatnya mengikat.

JAKARTA - Ketua Umum Persaudaraan Alumni HMI, Bursah Zarnubi mendorong agar sistem perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagai lembaga tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News