Akuisisi Tambang Batubara, SMGR Sibuk Lakukan Feasibility Study

Akuisisi Tambang Batubara, SMGR Sibuk Lakukan Feasibility Study
Akuisisi Tambang Batubara, SMGR Sibuk Lakukan Feasibility Study
JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) berniat mengakuisisi salah satu tambang batubara. Tambang yang berlokasi di Provinsi Riau yang tengah jadi kajian. Manajemen berharap feasibility study terhadap tambang batubara itu segera tuntas. "Aksi ini merupakan bagian dari proyek jangka panjang kami," tutur Erizal Bakar, Direktur Pengembangan Usaha perseroan SMGR di Jakarta, Rabu (28/9).

 

Erizal menyebut studi terhadap tambang tersebut masih terus dilakukan. Di tambang ini diperkirakan memiliki cadangan terduga batubara sebanyak 16 juta ton dengan kandungan kalori sebesar 4.800-5.500 cal. "Kami ingin menjadi mayoritas di tambang ini," tukasnya.

Rencana akuisisi tambang batubara merupakan strategi perseroan untuk mengamankan kebutuhan energi di pabrik-pabrik semen perseroan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. "Tambang ini untuk memenuhi batubara di pabrik Semen Padang, diharapkan akan dapat diakuisisi pada semester pertama tahun depan," tegas Erizal.

Selain itu, perseroan juga tengah menjajaki kerjasama operasi pertambangan batubara di Kalimantan Selatan (Kalsel). Menurutnya, di tambang tersebut terdapat cadangan batubara sebanyak 8 juta ton dengan kandungan kalori 5.800-6.100. "Ini hanya kerjasama produksi, porsinya belum diketahui. Nanti akan produksi satu juta ton per tahun untuk kebutuhan pabrik Tonasa," ulasnya.

JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) berniat mengakuisisi salah satu tambang batubara. Tambang yang berlokasi di Provinsi Riau yang tengah jadi kajian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News