Al-Khaththath, Inisiator Dua Pertemuan Terkait Makar

Al-Khaththath, Inisiator Dua Pertemuan Terkait Makar
Polda Metro Jaya. Foto: Pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa tersangka kasus dugaan makar Muhammad Al-Khaththath sempat menginisiasi dua pertemuan sebelum Aksi 313 digelar.

Menurut Argo, dalam pertemuan itu, ada pembahasan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah dengan mendompleng Aksi 313.

"Intinya daripada kegiatan itu memang ada dua lokasi yang digunakan untuk rapat. Sementara kami masih dalami. Yang pertama di Kalibata dan yang kedua di Menteng," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (2/4).

Argo mengklaim, dalam rapat ini, Al-Khaththath bersama empat tersangka makar lainnya Zainudin Arsyad, Irwansyah, Dikho Nugraha, dan Andry, merencanakan aksi makar.

"Jadi kedua tempat inilah yang digunakan untuk pertemuan. Kemudian hasilnya ya salah satunya untuk memaksa DPR dan MPR mengganti pemerintahan yang sah dan menduduki gedung DPR dan MPR secara paksa,” terang dia.

Oleh karena itu, kata Argo, pihaknya melakukan penangkapan paksa sebelum Aksi 313 bergulir pada Jumat (31/3). Mengenai penahanan kelimanya, sambung Argo, karena penyidik melihat para tersangka tidak kooperatif dan dikhawatirkan menghilangkan barang bukti.

"Penahanan ini dilakukan karena subjektifitas penyidik dengan alasan bahwa pertama tidak melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan tidak mengulangi perbutannya. Ini adalah subjektvitas penyidik," tutup Argo.(Mg4/jpnn)



Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News