Alam Ganjar Temukan Prespektif Wirausaha Berbasis Kerakyatan dari Produsen Meja Biliar

Alam Ganjar Temukan Prespektif Wirausaha Berbasis Kerakyatan dari Produsen Meja Biliar
Muhammad Zinedine Alam Ganjar ketika mengunjungi salah satu produsen meja biliar di Semarang. Dok: tim media GP.

jpnn.com, KABUPATEN SEMARANG - Muhammad Zinedine Alam Ganjar menemukan prespektif baru ketika ada seorang anak muda yang berhasil menjadi produsen meja biliar di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Biliar yang umumnya berada di pasaran merupakan produk hasil impor. Menurut Alam, itu menjadi suatu peluang usaha karena kualitas produksi dari meja miliar dari Semarang bisa dipasarkan dan bersaing dengan produk impor.

"Melihat satu desa di Ambarawa bisa jadi sentra produsen biliar itu luar biasa sih karena ini perspektif baru bagaimana bisa mengembangkan suatu bisnis yang sebelumnya memang tidak terpikirkan,” ujar Alam dalam siaran persnya, Rabu (24/1).

Dalam keberhasilannya menjadi produsen meja biliar, Lest Billiard yang merupakan produsen tersebut masih menemukan sejumlah persoalan yang dihadapi.

Salah satu keresahannya yakni terkait dengan permodalan. Untuk itu, Alam menjelaskan pentingnya ada regulasi yang memudahkan untuk UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Selain itu, Alam mendengar keresahan seputar sulitnya menemukan bahan baku yang berkualitas sehingga menyulitkan produsen untuk berdaya saing dengan produk impor.

"Tadi juga banyak bicara soal keresahan-keresahan mereka harus bersaing dengan produk impor terus mereka juga kesulitan untuk mendapatkan bahan baku dan sejauh ini mereka sudah cukup baik dari segi kualitas cukup baik dari segi kualitas," kata putra Ganjar Pranowo itu.

Padahal, dari segi kapasitas dan kualitas produksi, Alam melihat produsen tersebut memiliki kemampuan untuk produksi dalam jumlah yang lebih banyak, hanya saja potensinya yang belum dikerjakan secara maksimal.

Muhammad Zinedine Alam Ganjar bertemu dengan salah satu produsen meja biliar yang ada di Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News