JPNN.com

Alasan Anda Harus Mencuci Tangan dengan Benar

Senin, 17 September 2018 – 22:06 WIB
Alasan Anda Harus Mencuci Tangan dengan Benar - JPNN.com

jpnn.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh USDA menemukan konsumen gagal mencuci tangan mereka dengan benar, dengan kesalahan yang paling umum adalah tidak mencuci tangan cukup lama.

Studi observasional, yang dilakukan dalam kemitraan dengan perusahaan nonprofit RTI International dan North Carolina State University, melibatkan menempatkan 383 peserta di dapur uji yang berbasis di North Carolina dan memantau mereka melalui kamera saat mereka memasak makanan termasuk burger kalkun dan salad.

Penelitian ini mengungkapkan hanya 3 persen dari peserta mengikuti semua langkah yang diperlukan untuk mencuci tangan mereka dengan benar.

"Anda tidak bisa melihat, mencium atau merasakan bakteri," kata Carmen Rottenberg, yang bertindak sebagai wakil sekretaris untuk keamanan makanan di USDA, seperti dilansir laman MSN, Minggu (16/9).

"Dengan hanya mencuci tangan Anda dengan benar, Anda bisa melindungi keluarga Anda dan mencegah bakteri itu mencemari makanan Anda dan area utama di dapur Anda," jelas Rottenberg.

Kesalahan mencuci tangan yang paling umum? Tidak mencuci dengan sabun dan air selama minimal 20 detik. Perilaku buruk lainnya termasuk kurang membasahi tangan atau tidak menggunakan sabun.

Studi ini juga menemukan peserta berjuang menjaga barang-barang di dapur bebas dari kontaminasi. Misalnya, 48 persen waktu, peserta memegang wadah rempah-rempah yang digunakan saat menyiapkan burger.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, 48 juta orang Amerika sakit dari penyakit bawaan makanan setiap tahun, termasuk sekitar 128.000 rawat inap dan 3.000 kematian.(fny/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo