Alhamdulillah, Akhirnya Arab Saudi Mengaku Salah

Alhamdulillah, Akhirnya Arab Saudi Mengaku Salah
Bom Saudi menghancurkan bangunan-bangunan di Yaman. Foto: Reuters

jpnn.com, RIYADH - Kerajaan Arab Saudi tak lagi bisa mengelak. Laporan The Joint Incident Assessment Team (JIAT) pada Sabtu (1/9) menyebutkan bahwa serangan udara di pasar Saada pada 9 Agustus lalu seharusnya bisa dicegah.

Bus yang berisi anak-anak yang tengah berkarya wisata semestinya tak menjadi korban serangan bom. Tragedi yang melenyapkan 51 nyawa itu merupakan tanggung jawab Saudi.

"Komando Pasukan Koalisi Gabungan meng­ungkapkan penyesalan atas kesalahan tersebut dan mengucapkan simpati, belasungkawa, serta solidaritas sebesar-besarnya kepada keluarga korban." Demikian bunyi pernyataan pasukan koalisi pimpinan Saudi yang dimuat di kantor berita SPA.

Pengakuan itu terbilang jarang. Mereka rencananya berkoordinasi dengan pemerintah Yaman untuk memberikan kompensasi. Selain itu, bakal meninjau ulang operasi mereka di negara tersebut.

Awalnya Saudi menolak disalahkan. Mereka berdalih bahwa sasarannya adalah pelontar misil yang digunakan untuk menyerang Saudi. Pasukan koalisi bahkan menuding pemberontak Houthi sengaja menggunakan anak-anak sebagai tameng.

Namun, desakan dari berbagai pihak serta negara-negara Amerika dan Eropa membuat mereka berpikir ulang. Pasukan koalisi akhirnya membentuk tim independen JIAT untuk melakukan penyelidikan. JIAT menyatakan bahwa serangan itu tak bisa dibenarkan. Semua pihak yang terlibat di dalamnya diminta untuk bertanggung jawab.

JIAT juga mengungkapkan bahwa serangan udara di pasar Provinsi Saada itu dilakukan berdasar informasi intelijen yang menyebut di dalam bus ada para pemimpin Houthi.

Tapi, ada perintah bahwa serangan itu ditunda. Perintah tersebut lantas tak sampai ke si pilot pesawat tempur. Kesalahan komunikasi itu harus diselidiki.

Kerajaan Arab Saudi tak lagi bisa mengelak. Serangan udara yang menewaskan puluhan anak di Yaman pada 9 Agustus lalu memang salah mereka

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News