Alhamdulillah Besok Lebaran Bareng, Maaf Lahir Batin yaa

Alhamdulillah Besok Lebaran Bareng, Maaf Lahir Batin yaa
Menteri Agama, Lukman Hakim, didampingi Ketua MUI, Din Syamsudin saat menggelar jumpa pers penetapan 1 Syawal 1436 H, di kantor Kementerian Agama, Kamis (16/7) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama akhirnya menetapkan 1 Syawal 1436 H pada Jumat, 17 Juli 2015. Keputusan ini diambil setelah kementerian menggelar sidang isbat dengan mengundang perwakilan ormas Islam, sejumlah ahli dan undangan.

Setelah sidang yang berlangsung tertutup sejak pukul 16.00 WIB, akhirnya ditemukan satu mufakat.

"Alhamdulillah tahun ini seluruh umat Islam di Tanah Air memasuki 1 Syawal yang sama. Besok, bisa dilakukan salat Idul Fitri bersama-sama seluruh Indonesia," ujar Menteri Agama, Lukman Hakim usai sidang isbat, di kantornya, Jl MH Thamrin No 6, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Lukman menjelaskan, hilal sudah dimungkinkan untuk dilihat tadi sore. Dan dari berbagai laporan yang masuk dari berbagai titik penjuru di Tanah Air, semua punya kekuatan pandangan yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Dalam sidang isbat kami juga sudah mendapat laporan antara lain dari empat titik yaitu di Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan di Kepulauan Seribu. Semua saksi yang melihat sudah disumpah," tandas Lukman. (adk/jpnn)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama akhirnya menetapkan 1 Syawal 1436 H pada Jumat, 17 Juli 2015. Keputusan ini diambil setelah kementerian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News