Lebarannya Jumat atau Sabtu, Pak?

Lebarannya Jumat atau Sabtu, Pak?
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Hingga saat ini, Kementerian Agama (Kemenag) belum mengeluarkan penetapan 1 Syawal, sebagai hari perayaan Idul Fitri. 

Kabarnya, sidang isbat tertutup yang dimulai sejak pukul 16.00 WIB masih berlangsung di Auditorium KH M Rasjidi Kantor Kemenag, Jl MH Thamrin No 6, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Namun, ada peluang besar dua organisasi masyarakat terbesar, NU ataupun Muhammadiyah, akan merayakan Idul Fitri 1436 Hijriah pada Jumat, 17 Juli 2015, alias besok.

Keyakinan itu diungkapkan Kyai Haji (KH) Muhammad Thobary Syadzily Al-Bantani kemari. Keyakinan Ketua Lajnah Al-Falakiyah PWNU Banten itu, didasari perhitungan mempergunakan sistem ilmu hisab Nautical Almanac secara manual.

Berdasarkan perhitungannya, pada Kamis, 16 Juli 2015, bulan sabit yang menandai bulan baru (Syawal) akan muncul. Ijtima' atau konjungsi akan terjadi pada pukul 08.24 pagi. Bulan sabit akan terbenam pada pukul 18.05, atau lebih dari 13 menit setelah matahari terbenam. “Dengan kemunculan bulan baru pada hari Kamis, maka Jumat adalah Lebaran,” ujarnya.

Yang terpenting adalah ketinggian bulan sabit (hilal). Ketinggian inilah yang menentukan apakah bulan bisa dilihat atau tidak. Jika terlalu rendah, bulan tak terlihat hingga 1 Syawal tak mungkin jatuh hari Jumat. Dalam perhitungan Thobary, pada Kamis, 16 Juli, bulan sabit terlihat lumayan tinggi, yaitu 3° 23 ' 13,2 '' atau 3,4 derajat di atas ufuk. 

"Berdasarkan kesepakatan para ahli hisab Kementerian Agama Republik Indonesia, hilal di atas 3,4 derajat di atas ufuk sudah disebut imkan ar-ru’yat atau mungkin dilihat," kata Thobary yang juga anggota Hisab-Rukyat Kementerian Agama RI. 

Meski demikian, Kyai Thobary tetap menyarankan untuk menunggu hasil sidang Kementerian Agama pada malam ini. (bil/end)


JAKARTA - Hingga saat ini, Kementerian Agama (Kemenag) belum mengeluarkan penetapan 1 Syawal, sebagai hari perayaan Idul Fitri.  Kabarnya, sidang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News