Alhamdulillah, Hujan Lebat Menguyur Ibu Kota Riau

Alhamdulillah, Hujan Lebat Menguyur Ibu Kota Riau
ilustrasi

jpnn.com - PEKANBARU - Apa yang ditunggu-tunggu itu akhirnya turun juga. Dalam kondisi kabut asap pekat, masyarakat Riau yang sudah mengap-mengap di tengah asap, akhirnya bisa merasakan nikmat karunia Tuhan, HUJAN! Hujan mulai dirasakan di kawasan Panam, Pekanbaru, sejak pukul 17.30 WIB. Hujan turun dengan intensitas lebat, disertai angin kencang dan petir.

"Alhamdulillah, akhirnya hujan turun juga," ujar karyawan Pekanbaru Pos Grup (Grup JPNN.com) yang berada di lantai enam gedung Graha Pena Riau.

Hujan kali ini memang tidak terduga. Sebelumnya dari ketinggian, wajah kota Pekanbaru bagai negeri di atas awan. Semuanya terlihat putih tertutupi kabut asap. Masyarakat pun ramai-ramai berinisiatif menggelar salat istisqa atau salat minta hujan.

Doa itupun dikabulkan. Hujan turun begitu deras. Hujan ternyata tidak hanya terjadi di Riau saja. Namun juga turun di Provinsi Sumatera Barat.

"Hujan disertai angin kencang. Pohon dan baliho tumbang," ujar Pemred Padang TV (Grup JPNN.com), Vinna Melwanti melaporkan.

Hujan diharapkan bisa terus mengguyur Riau. Rabu pekan lalu, hujan juga sempat turun, namun setelahnya kabut asap malah makin bertambah pekat. Luasnya lahan gambut menjadi penyebabnya. Biasanya meski terkena hujan, api di lahan gambut masih tetap ada. Inilah yang membuat kerja tim pemadam menjadi lebih susah.

Turunnya hujan juga menjadi harapan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang akrab disapa Andi. Bila sebelumnya Andi selalu optimis bisa mengatasi asap, namun kali ini orang pertama di Riau itu terlihat pasrah.

"Kalau hotspot bisa kita atasi. Tapi kalau asap kita tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya berharap hujan dan anginlah yang dapat menghilangkan asap di Riau ini," ujarnya pasrah.

PEKANBARU - Apa yang ditunggu-tunggu itu akhirnya turun juga. Dalam kondisi kabut asap pekat, masyarakat Riau yang sudah mengap-mengap di tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News