Alhamdulillah, Saudi Akhirnya Izinkan Perempuan Mengemudi

Alhamdulillah, Saudi Akhirnya Izinkan Perempuan Mengemudi
Ilustrasi. foto: Reuters

jpnn.com, RIYADH - Manal Al Sharif girang mendengar kabar baik dari negeri kelahirannya, Arab Saudi. Selasa (26/9), Raja Salman menerbitkan dekrit berisi pencabutan larangan menyetir bagi kaum hawa.

Termasuk aturan untuk membuat surat izin mengemudi (SIM) bagi perempuan.

”Khusus untuk membuat SIM, kaum perempuan tidak perlu meminta izin dulu kepada suami, ayah, atau saudara laki-laki mereka,” kata Pangeran Khalid bin Salman, duta besar Saudi untuk Amerika Serikat (AS), dalam jumpa pers Selasa waktu setempat.

Dia menambahkan bahwa untuk urusan tersebut, hukum guardianship tidak berlaku. Perempuan bebas membikin SIM meski ayah atau suaminya tidak mengizinkan.

Pangeran Khalid menyebut dekrit yang diterbitkan sang ayah itu lebih kuat ketimbang hukum guardianship yang selama ini berlaku.

Dengan jaminan tersebut, penduduk perempuan Saudi sudah pasti bisa menikmati hak menyetir mobil sendiri tanpa hambatan berarti.

”Perempuan-perempuan Saudi boleh berada di balik kemudi. Tapi, tidak untuk menjadi pengemudi profesional,” katanya. Aturan itu berlaku mulai pertengahan tahun depan.

Kini pihak-pihak terkait punya waktu 30 hari untuk melaporkan rekomendasi mereka sehubungan dengan dekrit tersebut.

Aturan yang sejak lama diprotes kaum hawa Arab Saudi itu akhirnya dicabut oleh Raja Salman

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News