Selasa, 19 Maret 2019 – 08:44 WIB

Alhamdulillah, Tak Ada Lagi Mendadak Janda di Arab Saudi

Senin, 07 Januari 2019 – 09:51 WIB
Alhamdulillah, Tak Ada Lagi Mendadak Janda di Arab Saudi - JPNN.COM

jpnn.com, RIYADH - Para suami di Arab Saudi tak bisa lagi seenaknya menceraikan istrinya diam-diam. Sebab, berdasar aturan baru yang berlaku mulai kemarin, Minggu (6/1), jika ada putusan cerai, pengadilan akan memberi tahu sang istri bahwa statusnya telah berganti menjadi seorang janda.

Ada sistem yang bakal mengirimkan pemberitahuan secara otomatis. ''Regulasi baru itu memastikan perempuan mendapatkan haknya ketika mereka diceraikan,'' ujar salah seorang pengacara Saudi Nisreen Al Ghamdi kepada Bloomberg.

Salah satunya adalah tunjangan pasca perceraian. Baik itu untuk anak pasangan tersebut maupun untuk perempuan yang diceraikan.

''Sistem pemberitahuan lewat pesan teks tersebut akan membantu proses hukum dalam perceraian dan kasus lainnya lebih transparan,'' tegas Menteri Kehakiman Sheikh Waleed bin Mohammed Al Samaani sebagaimana dikutip The National.

Selama ini banyak pria di Saudi yang menceraikan istrinya secara sembunyi-sembunyi. Mereka mengurus sendiri ke pengadilan tanpa sepengetahuan istrinya. Begitu diputus pisah, mereka tidak memberitahukannya kepada sang mantan istri.

Imbasnya, perempuan yang dicerai tidak tahu bahwa status pernikahannya telah berubah. Sering kali mereka akhirnya mengajukan banding karena merasa tak pernah diberi tahu tentang perceraiannya.

Aturan baru tentang pemberitahuan cerai lewat pesan teks itu merupakan bagian dari reformasi sosial dan ekonomi yang digulirkan Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS). (sha/c22/dos)

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar