JPNN.com

Ali Afandi, Pahlawan yang Hijaukan Kampung Sumberjati

Jumat, 20 September 2019 – 17:38 WIB Ali Afandi, Pahlawan yang Hijaukan Kampung Sumberjati - JPNN.com
Ali Afandi Ketua KTH Sumber Makmur (baju hijau). Foto : Elfany Kurniawan/JPNN

jpnn.com, LUMAJANG - Warga Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Jawa Timur pantas menyebut sosok Ali Afandi sebagai pahlawan kampung.

Karena berkat dari tekad dan kemauan Ali, kini perekonomian yang ada di kawasan tersebut lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya.

Ali Afandi merupakan Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Sumber Makmur. Dia telah menggeluti urusan perbenihan hutan sejak 2008 silam.

Selain bermanfaat bagi warga sekitar, Ali juga memiliki banyak prestasi di bidang perbenihan, bahkan hingga di tingkat nasional

“Tahun 2014 kami mendapat juara dua nasional untuk lomba kebun bibit rakyat (KBR) yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” ujar Ali ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Sebagai Ketua KTH Sumber Makmur, Ali memiliki sekitar 20 anak buah. Semuanya bekerja membantu usaha pesemain bibit kayu sengon.

Karena kepiawaiannya dalam urusan bibit, Ali bersama KTH-nya mendapat CSR dari perusahaan berupa bantuan bibit sengon gratis sebanyak 132 ribu bibit.

Bibit tersebut kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar untuk ditanam dan hasil kayunya bisa dijual untuk meningkatkan perekonomian.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...