Aliansi Mahasiswa Dukung DKPP Tindak KPU DKI

Aliansi Mahasiswa Dukung DKPP Tindak KPU DKI
Aliansi Mahasiswa Dukung DKPP Tindak KPU DKI
JAKARTA - Mahasiswa dari berbagai Universitas di Jakarta yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jakarta untuk Keadilan (AMJAK) mengapresiasi Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) memproses dugaan pelanggaran kode etik KPU DKI Jakarta. AMJAK mendukung DKPP yang diketuai Jimly Asshiddiqie untuk menindak KPU DKI jika benar-benar melakukan pelanggaran.

“Kami Mengapresiasi dan sangat mendukung langkah yang diambil oleh DKPP RI karena telah menggelar sidang kedua dugaan pelanggaran kode etik penyelenggaraan Pemilu yang dilakukan oleh Ketua KPUD DKI yang diduga melakukan penggelembungan suara dengan memasukan pemilih siluman atau ganda dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilhan Gubernur DKI Jakarta 2012,” kata Koordinator Lapangan AMJAK, Wiwit Susanto saat menggelar orasi di Jakarta, Selasa (3/7).

Sebagaimana diketahui, Selasa (7/3) siang, DKPP memanggil Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI (KPUD) Dahlia Umar menyusul pengaduan empat pasangan calon gubernur DKI yang menuding KPUD melakukan pelanggaran kode etik terkait Daftar Pemilihan Tetap (DPT). Keempat pasangan calon yakni, Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Thahja Purnama (Ahok), Hidayat Nur Wahid (HNW)-Didik J Rahbini, Alex Noerdin-Nono Sempono, dan Hendardji Supandji-Ahmad Riza Patria.

Jimly Assidiqie seusai sidang mengungkapkan bahwa masalah DPT bisa menjadi sumber masalah terbesar dalam penyelenggaraan Pemilu. Makanya kata dia, DKPP perlu menindaklanjutinya untuk mencari kebenaran laporan atas tudingan yang diarahkan ke KPU DKI. "Ini bisa menimbulkan image buruk dalam kehormatan penyelenggaraan pemilu," katanya.

JAKARTA - Mahasiswa dari berbagai Universitas di Jakarta yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jakarta untuk Keadilan (AMJAK) mengapresiasi Dewan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News