Allahuakbar! Jenazah BJ Habibie Sudah Diberangkatkan ke TMP Kalibata

Allahuakbar! Jenazah BJ Habibie Sudah Diberangkatkan ke TMP Kalibata
Pelepasan jenazah Presiden ketiga RI BJ Habibie sebelum dimakamkan di TMP Kalibata. Foto: Muhammad Zulfikar/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Jenazah Presiden Ketiga RI BJ Habibie telah diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9), sekitar pukul 12.40 WIB.

Sebelumnya, penyerahan jenazah dalam upacara persemayaman di rumah duka, Patra Kuningan, berlangsung khidmat. Kalimat takbir terdengar sebelum delapan pasukan TNI mengangkat peti jenazah berbalut bendera Merah Putih, diangkat ke halaman rumah.

Saat upacara persemayaman itu, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman selaku inspektur upacara menerima penyerahan jenazah dari putra kedua almarhum, Thareq Kemal Habibie.

Dalam sambutannya, Anwar atas nama pemerintah dan pelayat yang hadir, menyampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya Wapres RI ke-7 tersebut. Dia juga mengajak seluruh rakyat mendoakan Bapak Demokrasi itu.

"Semoga kesalahan dan dosa yang ada pada almarhum dapat diampuni dan segala amal baktinya diterima di sis Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," ucap Anwar.

Dia berharap, keluarga bisa menerima kepergian almarhum dengan tabah. Karena sebagai umat beragama, harus disadari bahwa kepergian Habibie sudah menjadi kehendak Tuhan Yang Maha Pencipta.

"Setelah penyerahan dari pihak keluarga, untuk selanjutnya jenazah almarhum akan saya berangkat ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata," kata Anwar. (fat/jpnn)

Bendera Setengah Tiang untuk BJ Habibie:

Ketua MK Anwar Usman bertindak selaku inspektur upacara menerima penyerahan jenazah BJ Habibie dari putra kedua almarhum, Thareq Kemal Habibie.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News