Alumnus SMK PP Banjarbaru Masuk Nominasi Young Ambassador 2022

Alumnus SMK PP Banjarbaru Masuk Nominasi Young Ambassador 2022
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi (tengah) saat konferensi pers persiapan penjurian dan pengukuhan Young Ambassador Program YESS 2022. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci penting dalam pembangunan pertanian untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, khususnya di sejtor pertanian.

"Saat ini sudah saatnya para agen perubahan di bidang pertanian menjadi delegasi di masyarakat. Mereka harus mampu mengubah persepsi anak muda tentang pertanian yang selalu dianggap kotor. Masyarakat luas harus tahu bahwa pertanian itu profesi yang penting di Indonesia," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementan terus berupaya untuk mengubah wajah sektor pertanian menjadi sektor yang menjanjikan khususnya bagi generasi milenial.

Tak hanya memfasilitasi, melatih serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan usahanya, Kementan juga melakukan pemilihan Young Ambassador.

Di tahun 2022, Kementan melalui Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) programme membuka kesempatan bagi petani dan wirausaha muda pertanian yang berusia antara 17-35 tahun untuk mengikuti seleksi Young Ambassador.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa di tahun ini telah terpilih 27 nominee yang akan mengikuti tahap selanjutnya dalam ajang bergengsi tersebut.

"Mereka merupakan hasil seleksi dari 50 peserta yang mengikuti bootcamp yang dilaksanakan di bulan Maret lalu. Nantinya mereka akan diseleksi kembali hingga hanya 15 peserta yang akan dikukuhkan menjadi Young Ambassador Program YESS Tahun 2022," kata Dedi saat konferensi pers persiapan penjurian dan pengukuhan Young Ambassador Program YESS 2022.

Dedi berharap Young Ambassador yang terpilih nantinya dapat resonansi bagi kaum milenial dan lingkungan mereka tinggal.

Pebri Dwi, alumnus SMK PPN Banjarbaru yang sekarang berfokus pada di bidang tanaman hias masuk nominasi Young Ambassador 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News