Alutsista Serap 50 Persen Lebih Anggaran Kemenhan

Alutsista Serap 50 Persen Lebih Anggaran Kemenhan
Alutsista Serap 50 Persen Lebih Anggaran Kemenhan
JAKARTA — Kementrian Pertahanan menjadi salah satu kementrian yang memiliki anggaran terbesar dalam APBN. Tahun 2012, Kemenhan yang terdiri dari Mabes Polri dan TNI mendapatkan alokasi anggaran Rp100 triliun lebih. Namun dari anggaran ini, 50 persen diantaranya terserap untuk alokasi penyediaan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

"Untuk pemeliharaan dan pengadaan alutsista itu hampir dua pertiga dari total anggaran. Sepertiganya untuk gaji pegawai,’’ ungkap Panglima TNI, Agus Suhartono di kantor Presiden, Kamis (8/9).

Untuk alutsista yang diprioritaskan adalah pembelian kapal perang, kapal selam, pesawat tempur F 16, pesawat Sukhoi dan alutsista yang memerlukan peremajaan lainnya. Agus membenarkan bila anggaran untuk kebutuhan alutsista bisa mencapai Rp40 triliun.

‘’Tapi itu belum diputuskan. Masih menunggu kesanggupan keuangan dari Menkeu. Kita juga membeli tergantung dari hasil tender. Sebenarnya kita ingin secepatnya, tapi masih memerlukan penetapan dari Menkeu,’’ kata Agus.

JAKARTA — Kementrian Pertahanan menjadi salah satu kementrian yang memiliki anggaran terbesar dalam APBN. Tahun 2012, Kemenhan yang terdiri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News