Aman, yang Ditembakkan ke Awan Hanya Garam Dapur

Aman, yang Ditembakkan ke Awan Hanya Garam Dapur
Aman, yang Ditembakkan ke Awan Hanya Garam Dapur

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pusat Penerapan Teknologi (BPPT) memastikan penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta tidak akan menimbulkan dampak negatif. Pasalnya, bahan kimia yang digunakan bersifat alamiah.

"Kami buat bahan uap semai alami dari natrium klorida atau garam dapur atau Nhcl," kata Kepala UPT Hujan Buatan BPPT, Heru Widodo dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (14/1).

Ia menjelaskan, garam tersebut nantinya akan ditembakkan ke awan hujan yang bergerak ke arah Jakarta. Tujuannya, agar hujan turun sebelum awan masuk ke wilayah Jakarta.

Dijelaskannya, natrium klorida selanjutnya akan larut dalam hujan. Sehingga hampir tidak ada yang terbawa saat jatuh ke tanah.

"Jadi hujan buatan dan yang alami komposisinya relatif sama," terangnya.

Seperti diketahui, mulai Selasa (14/1)  BNPB bersama BPPT dan TNI AU mulai menerapkan TMC di wilayah Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mengurangi curah hujan di wilayah Jakarta yang kini sudah masuk status siaga darurat banjir. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Badan Pusat Penerapan Teknologi (BPPT) memastikan penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta tidak akan menimbulkan dampak negatif.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News