Selasa, 20 November 2018 – 20:27 WIB

Amankah Penderita Diabetes Mengonsumsi Pemanis Buatan?

Jumat, 09 November 2018 – 16:03 WIB
Amankah Penderita Diabetes Mengonsumsi Pemanis Buatan? - JPNN.COM

Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Diabetes melitus adalah penyakit metabolik menahun karena pankreas tidak memproduksi cukup insulin. Akibatnya, kadar glukosa atau gula dalam darah meningkat (hiperglikemia).

Penyakit diabetes bisa dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

1. Diabetes tipe 1, di mana sistem daya tahan tubuh menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

2. Diabetes tipe 2, di mana sel beta di pankreas tidak memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau sel-sel tubuh tidak menunjukkan respons terhadap insulin yang diproduksi.

Diabetes gestasional, merupakan jenis diabetes yang terjadi saat kehamilan.Diabetes tipe lain, yaitu penyakit yang dapat timbul akibat kelainan hormon, imunologi, infeksi, atau genetik lainnya.

Pada mulanya, penderita diabetes secara umum memiliki berat badan yang berlebih. Kondisi tersebut menyebabkan resistensi insulin. Pada kondisi ini, hormon insulin yang biasanya berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

“Hal ini terjadi karena sel tubuh kurang respons terhadap insulin oleh karena gula darah yang terus menerus tinggi. Kondisi ini dianggap sebagai racun oleh sel, sehingga mereka menolak untuk menerimanya,” kata dr. Fiona Amelia dari KlikDokter.

Kondisi-kondisi yang dijabarkan di atas secara tidak langsung menegaskan pentingnya bagi penderita diabetes mewaspadai asupan gula bagi tubuh. Lantas, bagaimana jika dia mengonsumsi pemanis buatan, baik disengaja ataupun tidak?

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar