Amankan Demo Tanpa Anarkis, Tiga Polda Diapresiasi

Amankan Demo Tanpa Anarkis, Tiga Polda Diapresiasi
Amankan Demo Tanpa Anarkis, Tiga Polda Diapresiasi
JAKARTA--Indonesia Police Watch (IPW) menilai ada tiga Kepolisian Daerah (Polda) yang cukup baik dalam mengatasi aksi demonstrasi menentang kenaikan harga BBM, selama 5 hari atau dari 26 hingga 31 Maret 2012.

Ketiganya adalah Polda Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Bali."Padahal di ketiga daerah ini aksi demonya melibatkan sejumlah kepala daerah," kata Ketua Presidium IPW, Neta Saputera Pane, Rabu (4/4).

Neta memaparkan, hasil evaluasi IPW selama lima hari tersebut aksi demo terjadi di 44 kota di 20 provinsi. IPW memberi apresiasi pada Polda Jatim, Jateng, dan Bali.

Sebab, menurut dia, aparat kepolisian di ketiga daerah ini berhasil membangun sistem yang persuasif dalam mengatasi aksi demo. Sehingga dalam aksi-aksi demo di daerah tersebut tidak terjadi aksi radikal maupun anarkis.

"Padahal aksi demo melibatkan begitu banyak mahasiswa, buruh, dan LSM, bahkan kepala daerah ikut memimpin demo," katanya.

JAKARTA--Indonesia Police Watch (IPW) menilai ada tiga Kepolisian Daerah (Polda) yang cukup baik dalam mengatasi aksi demonstrasi menentang kenaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News