Amankan Pilgub, Polrestabes Surabaya Kerahkan 2000 Personel

Amankan Pilgub, Polrestabes Surabaya Kerahkan 2000 Personel
Amankan Pilgub, Polrestabes Surabaya Kerahkan 2000 Personel

jpnn.com - SURABAYA - Setelah mengamankan Lebaran, tugas aparat kepolisian tidak lantas berkurang. Sudah ada agenda yang pengamanannya membutuhkan kerja keras tim kepolisian. Yakni, kampanye pemilihan gubernur (pilgub) mulai Senin mendatang (12/8).

Sampai saat ini, sudah dipersiapkan sistem pengamanan dan jumlah personel yang akan terjun ke lapangan. Untuk Polrestabes Surabaya, sedikitnya 2.201 personel diterjunkan. Mereka siaga selama proses kampanye berlangsung hingga masa pelantikan nanti.

Personel tersebut siaga sesuai dengan jadwal kampanye, yakni 12 hingga 25 Agustus 2013. Berdasar jadwal tersebut, ada empat hari yang sistem kampanyenya berlangsung bersama. Yaitu, dalam bentuk dialog bersama.

Kabagops Polrestabes Surabaya AKBP Ady Wibowo mengatakan, pengamanan dilaksanakan seperti biasa. Titik rawan menjadi prioritas tersendiri. Personel disiagakan hampir menyeluruh di setiap titik tersebut. "Itu prosedur dan ketatapan yang berlaku," katanya.

Untuk kampanye bersama, pengamanannya menggunakan sistem ring. Yakni, ring I berlokasi di area kampanye. Misalnya, auditorium tempat berlangsungnya dialog. Ring II di luar auditorium, namun masih satu lokasi. Ring III di luar area auditorium dan ring IV berlokasi di jalur-jalur yang dilewati setiap calon.

Selain pengamanan sistem ring, kata Ady, akan diterapkan pengamanan melekat. Artinya, setiap calon dikawal anggota. Sistem pengamanan ini ditangani langsung oleh Polda Jatim. "Jadi, kemungkinan personelnya dari polda," lanjutnya.

Saat ini belum ada perubahan mengenai jadwal kampanye. Ada empat titik yang akan digunakan untuk kampanye bersama. Yaitu, Empire Palace, Grand City, Hotel JW Marriott, dan Hotel Sheraton. Di tempat tersebut, sistem keamanan akan diperketat selama kampanye berlangsung. (riq/c10/ai)


SURABAYA - Setelah mengamankan Lebaran, tugas aparat kepolisian tidak lantas berkurang. Sudah ada agenda yang pengamanannya membutuhkan kerja keras


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News