Amerika Bunuh Jenderal Iran, Israel Siaga Satu

Amerika Bunuh Jenderal Iran, Israel Siaga Satu
Tentara Israel. Foto: AFP

jpnn.com, TEL AVIV - Aksi Amerika Serikat membunuh petinggi militer Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani berdampak langsung terhadap Israel. Militer Negeri Zionis itu meningkatkan kewaspadaan sebagai antisipasi serangan balas dendam Iran.

Menteri pertahanan Israel memanggil para komandan militer dan keamanan ke Tel Aviv tak lama setelah kabar kematian Soleimani tersebar. Angkatan bersenjata diminta mewaspadai serangan dari Lebanon dan Palestina, sarang kelompok-kelompok yang bersekutu dengan Iran.

Kekhawatiran Israel ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, mereka adalah sekutu terdekat Amerika Serikat di Timur Tengah. Iran juga memiliki kebencian yang setara terhadap Amerika dan Israel.

Radio Tentara Israel menyebutkan bahwa militer telah meningkatkan kewaspadaan di tengah kekhawatiran bahwa Iran akan menyerang melalui sekutu-sekutunya, seperti Hizbullah di Lebanon, juga Hamas dan Jihad Islam di Gaza.

"Mereka akan menunggu saat yang tepat untuk melakukan pembalasan, mungkin dengan melancarkan tembakan ke wilayah Israel dengan bantuan milisi Syiah di Suriah dan bahkan dari Gaza," tulis Ron Ben-Yishai, komentator untuk media Israel, Ynet. (ant/dil/jpnn)

Aksi Amerika Serikat membunuh petinggi militer Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani berdampak langsung terhadap Israel.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News