Amerika Dukung Sikap Indonesia Terkait Konflik Rusia Vs Ukraina

Amerika Dukung Sikap Indonesia Terkait Konflik Rusia Vs Ukraina
Tentara Rusia berbaris di Lapangan Merah, Moscow, pada Mei 2021 lalu. Foto: KIRILL KUDRYAVTSEV / AFP

jpnn.com, JAKARTA - Amerika Serikat menilai Indonesia memiliki peranan penting untuk membantu meredakan ketegangan yang meningkat antara Rusia dan Ukraina dalam beberapa waktu terakhir.

“Ya, saya rasa Indonesia memiliki peranan penting dan kami menyambut panggilan telepon Menteri Luar Negeri RI dan pernyataan terbarunya untuk meminta semua pihak meredakan situasi yang tengah memanas ini,” kata pejabat senior Kedutaan Besar AS yang enggan disebut namanya di Jakarta dalam press-briefing secara virtual di Jakarta, Jumat.

Pernyataan itu menanggapi panggilan telepon yang dilakukan antara Menlu RI Retno Marsudi dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba secara terpisah pada 9 Februari lalu.

Dalam panggilan telepon itu, Retno menyampaikan pesan perdamaian agar kedua negara tersebut menahan diri dari situasi yang tengah berkembang dan memberi kesempatan pada diplomasi dan dialog untuk bekerja dalam situasi sulit seperti itu.

“Kami sepenuhnya setuju. Kami menyambut pernyataannya, ” kata pejabat itu.

AS juga menyambut pernyataan Presiden Joko Widodo dalam G20 bahwa saat ini bukan waktunya untuk konflik, terutama saat dunia tengah berjuang keluar dari pandemi.

“Dunia sedang menantikan untuk pulih dan tidak didorong ke dalam krisis baru yang akan memberikan dampak kepada kita semua,” katanya.

Selain itu, AS juga mengupayakan cara diplomatik yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi konflik yang memanas antara Rusia dan Ukraina.

Amerika Serikat mengapresiasi langkah Indonesia di tengah meningkatnya ketegangan di perbatasan Ukraina-Rusia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News