Amien Rais: Tidak Masuk Akal, Mengerikan

Amien Rais: Tidak Masuk Akal, Mengerikan
Amien Rais. Foto: Boy Muhamad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengkritik sikap pemerintah dalam melakukan perpanjangan kontrak Freeport McMoran. Menurut Amien, Indonesia belum bisa terlepas dari penjajahan ekonomi asing.

Dia menyatakan, semakin lama negara ini makin terlepas dari pondasi kedaulatan politik, ekonomi, hukum dan lainnya. “Jadi, saya melihat ada hal-hal yang sesungguhnya tidak masuk akal tapi terjadi,” kata Amien di gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/10).

Amien mengatakan, sebenarnya kalau Indonesia tidak memperpanjang kontrak dengan Freeport juga tak menjadi masalah. Sebab, tegas dia, tidak ada satu pun aturan yang dilanggar Indonesia jika tak memperpanjang kontrak karya dengan Freeport.

“Misalnya Freeport McMoran, andaikata tidak diperpanjang, tidak menyalahi satu pasal pun dalam undang-undang, maupun hukum perjanjian internasional,” ujar dia.

Amien juga menyesalkan wacana mengambil alih Freeport menjadi milik negara, bagian integral kekuasaan ekonomi malah dilepaskan. Justru, sesal dia, Indonesia malah mau memperpanjang kembali kontrak karya.

“Sebanyak 51 persen katanya kita dapat saham, tapi masih belum jelas. Jadi, ini contoh yang mengerikan. Kapan Indonesia bebas dari penjajahan ekonomi asing. (boy/jpnn)


Amien Rais bicara soal Freeport.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News