Amien Tak Sentral Lagi, Sangat Mungkin PAN Ikut Usung Jokowi

Amien Tak Sentral Lagi, Sangat Mungkin PAN Ikut Usung Jokowi
Amien Rais. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menyebut Amien Rais bukan lagi tokoh sentral di Partai Amanat Nasional (PAN). Dalam analisis Hendri, sikap kritis Amien terhadap pemerintahan Joko Widodo tak akan menghalangi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan jika kelak memutuskan ikut mengusung tokoh yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Perihal Pak Amien Rais menurut saya gak masalah. Sekarang pun PAN kan sudah join dengan Jokowi,” ujar Hendri kepada JPNN, Rabu (28/3).

Hendri menambahkan, Amien memang merupakan sosos yang dihormati di PAN. Namun, pengaruh pendiri PAN itu tak sekuat dahulu.

Dosen di Universitas Paramadina itu lantas membandingkan Amien dengan tokoh sentral di partai lain. Misalnya Megawati Soekarnoputri di PDI Perjuangan, Susilo Bambang Yudhoyono di Partai Demokrat ataupun Prabowo Subianto di Partai Gerindra.

“Pak Amien ini memang dihormati di PAN, tapi menurut saya bukan tokoh sentral,” ulasnya.

Lebih lanjut Hendri mengarakan, PAN memang terlihat lebih sreg menjalin koalisi dengan Partai Gerindra ataupun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada pemilihan gubernur pada Pilkada Serentak 2018, setidaknya di lima provinsi. Namun, belum tentu PAN akan akan tetap bersama PKS dan Gerindra di Pilpres 2019 seperti halnya Pilpres 2014.

"Kalau kemudian PAN mendukung Jokowi seperti saat ini, itu sih sah-sah saja dan masih terbuka peluangnya," ucapnya.(fat/jpnn)


Pengamat politik Hendri Satrio menilai pengaruh Amien Rais di PAN tak seperti Megawati di PDIP, SBY di Partai Demokrat ataupun Prabowo Subianto di Gerindra.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News