Amzulian Rifai: KemenPAN-RB Eksekutor Rekomendasi Ombudsman RI

Amzulian Rifai: KemenPAN-RB Eksekutor Rekomendasi Ombudsman RI
Amzulian Rifai: KemenPAN-RB Eksekutor Rekomendasi Ombudsman RI

jpnn.com - JAKARTA – Ketua terpilih Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Amzulian Rifai mengatakan kebutuhan yang sangat mendesak bagi ORI saat ini membangun kemitraan strategis dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kemenpan-RB).

“Pertama, kalau sudah berkantor di Ombudsman saya ingin membangun kemitraan dengan Kemenpan RB yang selama terkesan belum maksimal," kata Amzulian Rifai, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, kemarin.

Ia menekankan pentingnya membangun mitra-kerja strategis dengan KemenPAN-RB. Pasalnya, kata dia, yang bisa menindaklanjuti rekomendasi Ombudsman dalam bentuk eksekusi ada di Kemenpan-RB. Termasuk sebagian dari pembiayaan yang ditimbulkan oleh rekomendasi Ombudsman nantinya.

Melalui kemitraan itu, ujar Amzulian Rifai, internal Ombudsman dengan sendirinya harus membangun budaya kerja yang lebih baik pula sehingga ada gregetnya. Kalau punya kinerja yang baik, menurut Amzulian, rekomendasi Ombudsman tentu akan jadi perhatian dan ditindaklanjuti.

“Tapi yang lebih penting dan srategis adalah membangun budaya melapor di kalangan masyarakat kalau merasa dirugikan oleh berbagai aspek pelayanan penyelenggara negara. Dengan begitu, ke depan penyelengara negara akan bersikap lebih berhati-hati dan tidak mau mengulangi kesalahan yang sama,” katanya.(fas/jpnn)


JAKARTA – Ketua terpilih Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Amzulian Rifai mengatakan kebutuhan yang sangat mendesak bagi ORI saat ini membangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News