Anak Amien Rais Dukung Ide Fahri Hamzah soal Pembubaran KPK

Anak Amien Rais Dukung Ide Fahri Hamzah soal Pembubaran KPK
Mantan Ketua Umum PAN Amien Rais bersama putranya, Hanafi Rais (kanan) dan ekonom Dradjad H Wibowo (kiri) dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (2/6) guna mengklarifikasi aliran uang korupsi alkes. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais mengaku sependapat dengan Fahri Hamzah soal ide pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alasannya, lembaga antirasuah itu tak sebersih sebagaimana gambaran publik.

Berbicara pada sebuah diskusi bertema Politician Vs Millenial di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/12), Hanafi menyatakan bahwa KPK tidak berisi malaikat. Pendapat Hanafi itu didasari ketika nama ayahnya, Amien Rais diseret-seret dalam kasus korupsi di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Saya pernah mendatangi KPK ketika Amien disebut dalam kasus yang terjadi di Kementerian Kesehatan," ujar Hanafi.

Wakil ketua Komisi I DPR itu menilai KPK tak sewangi dan seindah citranya di publik. Menurutnya, ada banyak kejanggalan dalam proses hukum di KPK.

Salah satu yang jadi sorotan Hanafi adalah banyaknya penyebutan nama secara asal-asalan dalam persidangan kasus korupsi tanpa diverifikasi melalui pemeriksaan terlebih dahulu. Menurutnya, penyebutan nama secara asal-asalan itu menjadi bukti KPK membunuh karakter seseorang yang belum tentu bersalah.

"Saya temui kasus asal sebut nama itu di KPK, artinya tanpa dilakukan pemeriksaan sudah disebut bersalah. Bagi saya itu bisa disebut sebagai pembunuhan karakter," jelasnya.

Karena itu dia menegaskan, ide Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah tentang pembubaran KPK harus didukung. "Jadi saya harus bilang akan dukung Fahri Hamzah," katanya.(san/rmo/jpg)


Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak sebersih dan sewangi sebagaimana citra di publik.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News