Anak-Anak Sudah Bosan, Mas Nadiem Harus Segera Bikin Terobosan

Anak-Anak Sudah Bosan, Mas Nadiem Harus Segera Bikin Terobosan
Prof Zainuddin Maliki. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki meminta Mendikbud Nadiem Makarim, mengevaluasi program pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau Belajar dari Rumah yang telah berlangsung selama pandemik virus corona (Covid-19).

"Kemdikbud memang harus segera melakukan evaluasi pelaksanaan PJJ dari rumah. Sejauh ini yang dilaporkan masih menyangkut jumlah peserta pembelajarannya saja," ucap Prof Zainuddin saat dihubungi jpnn.com, Kamis (30/4).

Dia menyebutkan, dirjen PAUD, Dasar, dan Menengah Kemendikbud menyebutkan, lebih dari 90 persen siswa mengikuti belajar dari rumah alias darum.

Demikian juga TVRI melaporkan rating pemirsanya naik drastis setelah menyiarkan paket pembelajaran bersama Kemdikbud.

"Namun yang diperlukan bukan hanya jumlah keikutsertaan siswa, tetapi perlu dievaluasi efektivitas pembelajaran darum itu. Survei yang sudah dilakukan KPAI saya kira sangat membantu dalam mengevaluasi program ini," ucap mantan rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya ini.

Secara umum, legislator asal Jawa Timur ini menilai para guru sudah berusaha keras untuk bekerja di masa pendami Covid-19.

Namun evaluasinya belum bisa mengantar siswa mencapai tujuan instruksional yang diinginkan. Maka dari itu diperlukan terobosan-terobosan lebih menarik lagi ke depannya.

"Masalahnya sejauh ini mayoritas siswa mengaku tidak bisa berinteraksi dengan guru. Kecuali ketika memberi dan menagih tugas yang bertubi-tubi. Ujungnya, siswa menilai belajar di sekolah lebih menyenangkan daripada dari rumah," jelas Prof Zainuddin.

Mendikbud Nadiem Makarim harus segera membuat terobosan karena anak-anak sudah bosan belajar dari rumah selama masa pandemic virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News