Anak Buah Megawati: Serahkan Pembebasan WNI Pada Ahlinya

Anak Buah Megawati: Serahkan Pembebasan WNI Pada Ahlinya
TB Hasanuddin. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin tidak sependapat bila ada pihak-pihak yang mendesak agar operasi pembebasan WNI yang disandera Abu Sayyaf segera dilakukan tanpa persiapan matang, termasuk melalui operasi militer. 

Menurut mantan Sekretaris Militer Presiden Megawati Soekarnoputri, pengerahan pasukan dengan cara apapun harus dilakukan secara hati-hati. Secara kuantitas dan kualitas, aparat TNI boleh jadi siap untuk pembebasan. 

Namun persoalannya tim pembebasan harus punya data intelijen yang kuat dan tidak boleh tergesa-gesa dalam bertindak agar tidak ada jatuh korban.

"Ada teman-teman Anggota DPR mendesak pemerintah harus segera bebaskan, menurut hemat saya serahkan pada ahlinya. Ya prajurit TNI, mereka sedang berupaya. Apakah itu dilakukan secara senyap, intelijen atau cara-cara seperti apa," kata Kang TB di gedung DPR Jakarta, Senin (18/7).

Kalau pemerintah terutama TNI dipaksa tergesa-gesa dalam upaya pembebasan WNI, sementara kesiapan kurang, pihaknya khawatir ada korban. Di sisi lain ia juga sepakat membebaskan WNI tanpa tembusan.

"Kalau saya ikuti pemerintah tidak perlu melakukan tebusan, saya sepakat. Karena nyatanya, kalau pakai tebusan jadi ada keinginan lagi (menyandera). Mungkin harus ada cara lain dan berdasarkan pengalaman bisa. Salah satu caranya pendekatan kepada komandan-komandannya," tambah politikus PDIP itu.(fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News