Anak Buah Prabowo: Ini Bikin Orang Kaget, Marah

Anak Buah Prabowo: Ini Bikin Orang Kaget, Marah
Ahmad Riza Patria. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria meminta Direktorat Jenderal Kependudukan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) merekam data kependudukan secara akurat.

Permintaan dikemukakan menyusul dugaan adanya 31 juta warga yang telah melakukan perekaman e-KTP, namun belum masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

"Ini kan bikin orang kaget, bikin orang marah, bikin KPU kerja lagi menyisir ulang dari bawah. Ini menunjukkan perekaman data di Kemendagri tidak akurat," ujar Riza di Jakarta, Jumat (30/11)

Menurut Riza, persoalan data pemilih harus menjadi perhatian khusus. Sebab, data tersebut menentukan legitimasi dari pelaksanaan Pemilu 2019. Peserta pemilu akan sangat dirugikan bila data pemilih tidak akurat.

"Soal data pemilih ini kan prinsip. Kalau datanya enggak benar kan jadi bermasalah. Makanya, data pemilih harus benar," katanya.

Lebih lanjut Wakil Ketua Komisi II DPR ini mengatakan, data pemilih yang tak akurat rawan disalahgunakan pihak-pihak tertentu.

Karena itu, koalisi Indonesia Adil Makmur yang mengusung pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno ingin memastikan seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pilih masuk dalam DPT.

"Kami ingin memastikan DPT akurat. Karena ini rawan disalahgunakan. Kalau tidak dikelola dengan baik data ini bisa dimanfaatkan pihak yang tak bertanggung jawab," pungkas Riza.(gir/jpnn)


Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria meminta agar perekaman data kependudukan dilakukan akurat agar DPT pemilu 2019 bisa valid.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News