Anak Obesitas Berpotensi Diabetes

Anak Obesitas Berpotensi Diabetes
Anak Obesitas Berpotensi Diabetes
FAKTOR kegemukan atau berat badan berlebih (obesitas) terhadap anak patut diwaspai sejak dini. Pasalnya, obesitas pada anak berpotensi mendatangkan berbagai penyakit, diantaranya diabetes (gula darah).

Dari data riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2010, di Sumatera Utara prevalensi balita gemuk mencapai angka yang cukup tinggi yakni 18,3 persen. Privalensi angka kegemukan pada anak balita tersebut lebih besar dibanding angka nasional sebesar 14 persen atau meningkat dibanding hasil riset serupa pada 2007, yakni 12,2 persen.   

"Orangtua harus mewaspadai kegemukan pada anak yang cenderung mudah mengalami diabetes. Untuk langkah pencegahan dapat dimulai dari sekarang, antara lain dengan mencermati dan membatasi asupan gula tambahan pada anak agar tidak berlebihan," ujar pakar kesehatan anak, Prof Guslihan Dasa Tjipta SpA (K) dalam sosialisasi susu pertumbuhan Anmum Essential tanpa gula tambahan di Hotel JW Marriot, Jalan Putri Hujau Medan, Sabtu (28/5).

Hal senada juga disampaikan dokter spesialis anak endoktrin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta, dr Aman Bhakti Pulungan SpA (K). Menurutnya, obesitas sudah menjadi epidemic global yang harus segera ditangani.

FAKTOR kegemukan atau berat badan berlebih (obesitas) terhadap anak patut diwaspai sejak dini. Pasalnya, obesitas pada anak berpotensi mendatangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News