80 Persen Pasangan Muda tak Paham Kesehatan Seksual

80 Persen Pasangan Muda tak Paham Kesehatan Seksual
80 Persen Pasangan Muda tak Paham Kesehatan Seksual
MEDAN-Ratusan pasien yang datang ke klinik Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) setiap bulannya 50 persen adalah remaja. Dari jumlah tersebut hampir 80 persen tidak mengetahui sama sekali tentang kesehatan seksual dan reproduksi.

Kepala Divisi Akses dan Layanan PKBI Pusat, dr  Maya Trisiswati Ch mengatakan, dari jumlah remaja yang datang ke klinik PKBI setelah diperiksa ada yang terinfeksi penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV/AIDS. Hal itu disebabkan ketidaktahuan remaja mengenai pengetahuan kesehatan reproduksi, tekanan teman sebaya, pusat layanan dan informasi kesehatan reproduksi yang minim dan hambatan komunikasi dengan orangtua dan guru.

“Pengetahuan remaja tentang kesehatan seksual dan reproduksi sangat memprihatinkan, padahal berdasarkan kunjungan pasien yang datang ke klinik kita sebagian besar adalah remaja dan sudah aktif melakukan hubungan seksual,” ungkap Maya saat menyampaikan materinya pada pelatihan jurnalistik kesehatan seksual dan reproduksi kepada sejumlah wartawan media lokal di Dharma Deli Medan, seperti diberitakan Sumut Pos (grup JPNN).

Dijelaskannya, apabila kondisi itu terus dibiarkan, maka akan lebih banyak lagi remaja yang melakukan hubungan seksual sejak dini. Dampaknya, angka IMS, HIV/AIDS akan semakin tinggi, angka produktivitas dan kesehatan ibu dan anak menurun.

MEDAN-Ratusan pasien yang datang ke klinik Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) setiap bulannya 50 persen adalah remaja. Dari jumlah tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News