Anak Syarief Hasan Dipanggil Jadi Saksi Sidang Videotron

Anak Syarief Hasan Dipanggil Jadi Saksi Sidang Videotron
Anak Syarief Hasan Dipanggil Jadi Saksi Sidang Videotron

jpnn.com - JAKARTA - Terdakwa ‎kasus dugaan korupsi pengadaan Videotron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Hendra Saputra‎ kembali menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (14/5). Sidang ini beragendakan pemeriksaan saksi-saksi. Rencananya ada tujuh saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan. Salah satunya anak Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Riefan Avrian.

"Saksinya Sarah Salamah, Kristi Yuliani, Ahmad Kamaludin, Riefan Avrian, Andre Alexandria Risakotta, Alberth Tarigan, dan Awaluddin," kata penasihat hukum Hendra, Fahmi Syakir dalam pesan singkat, Rabu (14/5).

Riefan yang juga Direktur Utama PT Rifuel diduga sengaja mendirikan PT Imaji Media dan mengangkat Hendra sebagai Direktur Utama dengan maksud tertentu. Padahal Hendra adalah seorang sopir dan petugas kebersihan di PT Rifuel.

Tujuan Riefan melakukan itu agar bisa mengikuti lelang dan menang proyek videotron dengan menggunakan perseroan fiktif. Riefan juga diduga menggelembungkan harga unit videotron dan memasang alat pendukung yang tidak sesuai spesifikasi dalam lelang.

Sementara Sarah Salamah, Kristi Yuliani, Ahmad Kamaludin, dan Andre Alexandria Risakotta merupakan anak buah Riefan di PT Rifuel. Sarah adalah karyawan bagian administrasi proyek di PT Rifuel. Ia dikabarkan merupakan orang dekat Riefan yang menyiapkan seluruh berkas pendirian PT Imaji Media.

Sarah mampu melakukan itu karena pengalamannya bekerja di sebuah firma hukum. Atas jasanya itu, Riefan memberi imbalan Rp 200 juta kepada Sarah. Kristi Yuliani merupakan pegawai lepas PT Rifuel. Sedangkan Ahmad Kamaludin diangkat oleh Riefan sebagai Komisaris PT Imaji Media.

Andre Alexandria Risakotta adalah mandor proyek pemasangan videotron di Gedung SMESCO pada 2012. Ia menemani Riefan membeli layar videotron LED di Tiongkok.

Sedangkan Awaluddin adalah Kepala Cabang PT Interjaya Surya Megah. Ia yang menjual genset merek Perkins-Stamford kepada Riefan untuk dipasang di Gedung SMESCO dan menghidupkan videotron. Alberth Tarigan adalah konsultan engineering jalan.

JAKARTA - Terdakwa ‎kasus dugaan korupsi pengadaan Videotron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Hendra Saputra‎ kembali menjalani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News