Anak Usaha Astra Gelontorkan KUR Rp 500 Miliar

Anak Usaha Astra Gelontorkan KUR Rp 500 Miliar
Ilustrasi. Foto: Astra

jpnn.com - JAKARTA - PT Federal International Finance (FIF Group) memproyeksi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 500 miliar pada semester kedua 2016 ini.

Untuk teknis pelaksanaan, anak usaha PT Astra International (ASII) itu tengah menunggu respons Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Perusahaan bergerak di bidang pembiayaan kendaraan telah mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Izin itu didapat untuk menyalurkan KUR. Nantinya, kredit tersebut disalurkan disesuaikan dengan program pemerintah yaitu sektor pertanian dan perikanan. Untuk pertanian, mendapat porsi terbesar.

Itu karena perusahaan telah berpengalaman di bidang pertanian dan perikanan. Sedang sektor perikanan dan maritim sebagai ladang baru bagi perseroan.

"Soal teknis kami tengah menunggu respon Menteri Keuangan. Dengan begitu, secara operasional penyaluran  belum bisa dibeber," tutur Direktur Utama FIF Suhartono di Jakarta kemarin.

Meski begitu, perusahaan akan memanfaatkan sekitar dua ribu outlet untuk mendukung penyaluran KUR tahun ini. Kredit disalurkan sudah mendapat penjaminan Perum Jamkrindo 60 persen dari total KUR.

Didukung kompetensi mumpuni di microfinancing, perusahaan tidak khawatir dengan risiko pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF). "Ekonomi tengah bertumbuh pasti daya beli meningkat. Jadi, kami tidak khawatir," imbuh Suhartono. (far)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News