Anak Usia di Bawah 1 Tahun Tak Direkomendasikan Berendam di Kolam Renang

Anak Usia di Bawah 1 Tahun Tak Direkomendasikan Berendam di Kolam Renang
Ilustrasi bayi berendam di kolam renang. Foto: Antara/Freepik

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Reza Fahlevi, Sp.A dari RS Hermina Kemayoran mengatakan anak usia di bawah satu tahun tidak direkomendasikan untuk berenang di kolam renang.

Dokter spesialis anak ini menjelaskan di Indonesia belum ada rekomendasi khusus terkait usia yang tepat untuk batita berenang di kolam renang.

“Kalau dari AAP (American Academy of Pediatrics) dulu direkomendasikan anak itu berenang di kolam renang, bukan baby spa. Itu di atas usia 4 tahun,” kata Reza saat dijumpai di Jakarta Barat, Sabtu (1/10).

Reza kemudian menjelaskan, seiring dengan berkembangnya penelitian, banyak anak usia satu hingga empat tahun yang tenggelam di kolam renang karena belum bisa berenang. Karena itu, rekomendasi AAP kemudian diubah.

Reza juga mengatakan bayi usia empat hingga enam bulan sudah direkomendasikan untuk berendam di kolam baby spa. Menurut dia, usia tersebut sudah memungkinkan bayi untuk mengangkat kepalanya.

Reza juga menjelaskan manfaat berenang pada anak yang beberapa di antaranya adalah untuk melatih motorik anak hingga menambah tinggi badan anak.

"Berenang termasuk ke dalam olahraga atau aktivitas fisik pada anak. Jadi manfaatnya banyak seperti untuk melatih motorik anak salah satunya. Kemudian juga menjaga kesehatan anak secara umum,” katanya.

"Tinggi badan itu kan salah satunya dipengaruhi oleh faktor kesehatan anak secara umum ya. Artinya, gerakan fisik dan lain-lain. Jadi bisa secara tidak langsung menyebabkan anak tinggi dengan aktivitas fisik yang teratur,” tambahnya.

Pakar menyebutkan anak usia di bawah satu tahun tak direkomendasikan berendam di kolam renang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News